Items(0)

Delete All
26 Nov 2019

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Kemasan untuk UKM

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Kemasan untuk UKM

Sebagai pemilik bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan berkompetisi dengan beberapa brand lainnya, Anda tentunya harus memiliki branding yang menarik agar para konsumen dapat langsung melirik brand Anda tanpa harus membandingkan dengan kompetitor. Darimanakah Anda dapat menciptakan branding yang tepat? Salah satunya adalah dari desain kemasan produk Anda, karena elemen tersebut yang langsung terlihat oleh para konsumen saat mereka hendak membeli produk Anda.

 

Namun, bagaimana strategi yang tepat untuk menciptakan desain kemasan yang eye-catchy dan menarik bagi konsumen? Simak beberapa tipsnya:

 

 

 

Riset Mendalam Terhadap Kompetitor

Sebelum merancang untuk mendesain kemasan produk Anda, perlu adanya riset khusus dan detail terhadap kompetitor yang serupa seperti warna, bahan material yang digunakan dan bentuk kemasan. Hal ini bukan semata-mata Anda sebagai pemilik bisnis bisa meniru 100% kemasan tersebut karena akan berpengaruh buruk bagi brand Anda. Setidaknya, Anda tahu informasi atau desain seperti apa yang banyak orang butuhkan. Dan jangan lupa sebagai pilihan buat lebih dari satu desain untuk membandingkan mana yang lebih konsumen sukai.

 

Pilih Warna untuk Menunjukkan Keunggulan Produk

Setiap brand pasti memiliki identitasnya tersendiri yang dapat disampaikan lewat warna. Sebelum membuat desain kemasan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu warna apa yang memang sesuai dengan brand Anda agar ketika konsumen melihatnya pertama kali, mereka akan langsung memilih produk Anda dibandingkan kompetitor.

 

Perhatikan Keamanan Kemasan

Jika Anda sudah siap memasarkan produk makanan dan minuman, itu tandanya Anda siap untuk memilih kemasan makanan yang aman. Hal ini merupakan faktor penting saat memilih dan menentukan jenis kemasan terlepas dari desain yang akan dibuat. Keamanan produk adalah faktor penting untuk melindungi makanan atau minuman di dalamnya agar tidak terkontaminasi.

Baca juga: Lewat 3 Tips Ini, Anda Dapat Ciptakan Packaging Makanan Terbaik

 

Perhatikan Kreativitas Desain Baru

Selain warna dan desain yang unik, kreativitas juga perlu diperhatikan kembali saat mendesain kemasan makanan untuk bisnis Anda. Semakin kreatif desain makanan Anda akan semakin menarik di mata konsumen dan meninggalkan kesan positif bagi si konsumen itu tersendiri. Aspek kreativitas sangat banyak mulai dari bentuk, ukuran, pemilihan warna, desain font. Jika Anda masih bingung mencari inspirasinya, sebenarnya lewat produk Anda juga dapat menjadi inspirasi bentuk kemasan itu sendiri.

 

Desain Kemasan yang Praktis

Selain kreativitas, kepraktisan dalam membuat desain makanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Tempatkan posisi Anda sebagai konsumen saat membeli barang, jika kemasan terlalu susah mereka pun akan malas untuk membukanya dan tidak ingin membeli kembali. Anda boleh mencoba untuk memikirkan hal lebih detail lagi sebelum membuat kemasan makanan yang sesuai.

Desain kemasan yang baik adalah kunci yang tepat untuk bisnis Anda agar dapat memuaskan konsumen. Di balik itu, desain kemasan yang tepat juga sebagai bentuk dari branding produk Anda agar lebih dikenal secara luas di mata konsumen.