Items(0)

Delete All
02 Oct 2020

5 FUNGSI PENTING PACKAGING MAKANAN

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan kebijakan PSBB. Salah satu poin penting dalam kebijakan PSBB tahap 2 ini adalah pembatasan aktivitas di restoran, kafe, dan rumah makan. Dengan adanya pembatasan ini, restoran, kafe, dan rumah makan hanya diizinkan beroperasi dengan menyediakan layanan takeaway atau delivery dan tidak mengizinkan untuk menerima tamu untuk makan di tempat. Oleh karena itu, alih-alih keluar rumah dan makan di rumah makan atau restoran, banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan delivery atau takeaway makanan. Lalu, bagaimana caranya agar bisnis makanan Anda bisa berkembang dengan hanya mengandalkan layanan delivery dan takeaway? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan packaging makanan yang bagus atau menarik. Secara umum, fungsi packaging atau kemasan makanan, yaitu untuk membawa dan melindungi makanan. Tetapi semakin berkembangnya zaman, packaging tidak lagi sekedar membawa makanan, tetapi juga termasuk dalam strategi marketing untuk menarik customer atau pelanggan. Hal ini dikarenakan hal pertama kali yang dilihat oleh customer saat menerima makanan delivery atau takeaway adalah packaging-nya. Berikut ini ada beberapa hal penting yang perlu para pengusaha makanan ketahui mengenai mengapa desain packaging jadi sangat penting untuk bisnis makanan.

1. Membangun identitas merek
Anda bisa menjadikan desain packaging sebagai alat untuk membangun identitas dari bisnis makanan Anda. Ada berbagai elemen yang bisa Anda gunakan pada packaging Anda untuk membangun identitas merek, seperti logo, warna, teks, dan lain sebagainya. Namun, yang terutama adalah logo. Logo merupakan representasi dari brand dan itu dapat menggambarkan identitas brand Anda. Untuk itu, pastikan seluruh produk yang Anda jual ke pasaran telah mencantumkan logo yang menjadi identitas pada setiap kemasan.

2. Sarana komunikasi 
Desain kemasan makanan mampu memberikan kesan tersendiri bagi para pelanggannya. Kemasan yang bagus menimbulkan kesan tertentu, seperti produk yang berkualitas, kualitas kemasan yang menjaga kondisi makanan, dan lain sebagainya. Ini juga lah yang membuat customer merasa yakin dan percaya dengan brand dan produk Anda, karena Anda sebagai pengusaha menunjukkan bahwa Anda selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer atau pembeli, sehingga customer menjadi puas.

3. Informasi produk 
Dalam kemasan produk biasanya terdapat beberapa informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual. Contohnya, memuat tanggal produksi dan batas maksimal masa layak konsumsi, sertifikasi halal maupun tanda bahwa produk makanan telah lulus uji dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Selain itu, kemasan juga bisa memuat informasi seperti bahan-bahan atau komposisi yang digunakan untuk membuat makanan tersebut. Jenis-jenis informasi yang dimuat bisa bervariasi tergantung pada kategori produk. Sayangnya, pembeli yang tidak jeli seringkali mengabaikan informasi pada kemasan. Membaca informasi pada packaging produk sangat disarankan karena memuat hal-hal yang penting untuk diketahui.

4. Wadah makanan
Kemasan pada makanan juga bisa untuk wadah makanan. Ini membuat customer lebih praktis, tidak perlu menuangnya terlebih dahulu ke piring dan bisa langsung menyantap makanan dengan menggunakan kemasan sebagai wadahnya. Ini juga membuat para customer tidak usah repot-repot mencuci piring. Selesai makan tinggal buang ke tempat sampah aja. Hal ini membuat makanan dapat disantap di manapun dan kapanpun dengan kondisi wadah yang kompatibel pula.

5. Melindungi makanan
Seperti yang dijelaskan di atas tadi, salah satu fungsi penting dari kemasan adalah untuk melindungi makanan dan membawa makanan. Bisa dibilang ini adalah hal paling penting dari fungsi kemasan makanan. Dengan pengemasan yang baik, makanan akan terlindungi dari paparan sinar ultraviolet, menjaga kelembaban udara, dan terhindar dari benturan keras yang membuatnya rusak, sehingga dapat sampai ke tangan customer dalam keadaan baik.

Itulah beberapa fungsi penting packaging makanan sebagai sarana marketing bisnis makanan. Bagi Anda yang memiliki bisnis makanan, Anda perlu memperhatikan packaging-nya sebagai daya tarik untuk menggaet para customer. Jadi, desainlah packaging makanan Anda seunik dan sebagus mungkin. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat media promosi dengan menggunakan packaging untuk bisnis makanan Anda, seperti gelas plastik, paper cup, hingga kotak makanan, Anda bisa mempercayakannya pada Virtus Pack. Virtus Pack adalah pemasok terkemuka untuk kemasan makanan premium. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi dari Virtus Pack di https://www.virtuspack.com/id.